Ilmuwan Akan Hidupkan Kembali Hewan Punah

Mammoth
Pernhkah kalian nonton film Jurassic Park.??  film yang menceritakan tentang menghidupkan kembali hewan-hewan yang telah punah. Hemmm... Mungkin dalam benak kita terpikir itu adalah ide ide gila,, tapi jangan salah kawan,, semua itu bisa jadi kenyataan.  Sejumlah ilmuwan ingin membangkitkan kembali 24 hewan dari kepunahan. Burung Dodo, Parkit Carolina, Quagga dan zebra polos yang pernah hidup di Afrika Selatan adalah beberapa hewan yang akan dihidupkan kembali.

Parkit Carolina terakhir terlihat pada 1904 di Florida, sedangkan Zebra polos pernah hidup di Afrika Selatan dan spesies liar terakhirnya dilaporkan tewas ditembak pada 1870 sedangkan yang hidup di penangkaran meninggal pada 1883.

Tim ilmuwan memilih hewan berdasarkan beberapa kriteria dan juga mempertimbangkan sisi etika saat mau mengembalikan mereka ke dunia. Mereka membahas apakah spesies yang akan dihidupkan akan dicintai oleh manusia atau tidak.


Zebra Polos
Ilmuwan juga mempertimbangkan alasan kepraktisan. Misalnya, apakah cukup mudah bagi ilmuwan untuk mendapatkan sampel DNA yang baik untuk mereproduksi hewan itu, juga kemungkinan untuk mengintroduksi kembali ke lingkungan.

Langkah pertama untuk menghidupkan hewan yang telah punah adalah mengambil DNA lebih dulu. Lalu, ilmuwan akan memasukkan genom ke dalam sel embrionik yang materi genetiknya telah dikeluarkan. Terakhir ialah dengan mengimplantasikan embrio ke induk hewan dengan kekerabatan terdekat.

Upaya menghidupkan kembali pernah dilakukan ilmuwan Perancis dan Spanyol. Mereka berusaha menghidupkan kembali kambing liar. Kambing berhasil dilahirkan, tetapi hanya hidup selama 10 menit.

Bulan ini National Geographic menjelaskan bagaimana proyek bernama de-extinction ini bekerja. Mereka mengambil sampel DNA lama dan memasangnya kembali ke dalam genom penuh. Kemudian genom tersebut disuntikkan ke dalam sel embrio yang tidak memiliki DNA dan cocok untuk tempat berkembang genom.

Akan tetapi, proyek ini memunculkan banyak pertanyaan etis dan logis. Salah satunya adalah bagaimana para ilmuwan bisa mendapatkan sampel DNA yang dapat digunakan dari hewan punah.

De-extinction bisa menghabiskan biaya yang bervariasi tergantung spesies yang mau dihidupkan kembali. Akan tetapi, diyakini biayanya bisa menyentuh hingga ratusan ribu dollar.

Meski direncanakan ada 24 spesies hewan yang akan dihidupkan, tidak ada nama dinosaurus pada daftar tersebut. Alasannya adalah karena DNA dinosaurus terlalu tua dan sulit untuk berkembang
 


1 komentar:

Ada ada aja mengatakan...

Wow...,, keren sob..

Posting Komentar

Komentar kalian adalah semangat bagiku
Terima kasih banyak buat kunjungannya ....!
^_^