Bumi Berputar Lebih Cepat Akibat Gempa

Hem...., tak terasa karena kesibukan baruku, sudah 5 bulan lebih aku tak memposting blog aku. Rasa rindu dengan kawan2 dunia maya, dan ingin saling bertukar informasi baru untuk menambah wawasan. Suara para pembaca cakrawala dunia yang telah rindu dengan postingan baru di blog ini telah mengusik aku untuk menyempatkan sejenak di sela2 kesibukan baruku,.. Masih di bayang bayangi rasa malas namun aku tetap semangat untuk menerbitkan postingan baru karena tidak ingin mengecewakan para pembaca setia cakrawala dunia. Seakan-akan mengulangi dari awal kembali begitu kesulitan aku membuat postingan baru, Belum bisa banyak yang aku lakukan, dan aku hanya berusaha berselancar di blog kawan2 dan aku temukan satu artikel dari blog sixooninele yg cukup menarik untuk aku posting, Semoga satu postingan ini yang aku ambil dari blog kawan bisa mengobati kerinduan para pembaca, Mohon do'anya ya kawan2 semua semoga postingan ini bisa mengawali postingan2 berikutnya yang  lebih menarik.
Gempa dan tsunami menyeramkan di Jepang pada 11 Maret lalu ternyata berakibat pada perubahan kecepatan rotasi Bumi. Bumi berputar lebih cepat akibat bencana itu. Geofisikawan NASA Richard Gross
mengungkap adanya perubahan kecepatan rotasi Bumi ketika gempa Jepang terjadi. Saat terjadi gempa dahsyat pada Jumat siang itu, rotasi Bumi menjadi lebih cepat dan memperpendek hari 1,6 mikro detik.


Hal ini menyebabkan adanya perubahan pada massa Bumi. Selama gempa di Sumatra pada 2004, hari biasa diperpendek 6,8 mikro detik. Gempa Jepang, gempa Chile tahun lalu dan gempa Sumatra pada 2004 menciptakan megathrust. Megathrust tersebut mendorong lempeng tektonik yang ada di bawah menjadi satu. Jenis-jenis gempa seperti ini benar-benar memodifikasi kerak Bumi.
.

6 komentar:

putra mengatakan...

OK. Welcome back. Dan Semangat !

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
jadi efeknya sangat besar sehingga berpengaruh pada perputtaran bumi yach?terima kasih and maaf telat,ehhh ternyata dah follow

Baju Wanita mengatakan...

Sungguh efek yang besar sekali y prend..

baru tau ane, berkat postingan ente prend . . :D

Nice Info. .

Rusita mengatakan...

terimakasih atas tambahan ilmunya,,

ditunggu postingan brikutnya...

alamsukma mengatakan...

cuman di perpendek mikro detik gk kerasa

Sulung Pambrasto mengatakan...

Ternyata benar juga. Rotasi bumi sekarang semakin cepat. Menurut riset observatorium hari-hari ternyata semakin singkat.

Posting Komentar

Komentar kalian adalah semangat bagiku
Terima kasih banyak buat kunjungannya ....!
^_^