NASA Temukan Bintang Kanibal

Sebuah bintang yang diduga memakan 'tetangganya' sendiri telah ditemukan oleh Badan Antariksa AS (NASA).

Bintang merah yang berusia satu miliar tahun itu disebut BP Piscium. Bintang tersebut diduga telah 'memakan' bintang muda terdekat. Ini terlihat dari bekas yang ditinggalkan bintang muda itu masih bisa dilihat. Demikian seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (17/9/2010).

Profesor Joel Kastner dari Rochester Institute of Technology, New York, mengatakan bahwa para ilmuwan telah menemukan kasus yang langka dari 'kanibalisme antarbintang'.

BP Piscium adalah sebuah versi yang sedang berevolusi dari matahari kita. Berlokasi di 1.000 tahun cahaya konstelasi rasi bintang Pisces. Bintang kanibal tersebut ditemukan dengan menggunakan pengamatan x-ray Chandra di NASA.

Para ilmuwan mulai mempelajarinya sekira 15 tahun yang lalu dan kaget akan penampakannya tersebut. Bintang tersebut dikelilingi oleh awan debu yang biasanya adalah calon-calon planet baru.

Bintang-bintang baru lahir di cluster-cluster, sementara lokasi dari BP Piscium itu sendiri terisolasi, yang membuat para ilmuwan menyimpulkan bahwa bintang merah raksasa tersebut adalah bintang dengan masa evolusi yang lambat.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa cincin dari awan debu dulunya adalah bintang-bintang baru yang telah dimakan oleh BP Piscium.

Ilmuwan-ilmuwan tersebut juga memperingatkan kalau Bumi suatu saat nanti bisa saja mengalami kasus yang sama seperti 'tetangga' dari bintang BP Piscium.

David Rodriguez dari University of California, Los Angeles, mengatakan bahwa "BP Psc menunjukkan bahwa bintang seperti Matahari kita mungkin bakal diam untuk milyaran tahun, tapi apabila matahari kita 'ngamuk' mungkin bisa memakan satu sampai dua planet,"
sumber : nasa
 .

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian adalah semangat bagiku
Terima kasih banyak buat kunjungannya ....!
^_^