Kosmoceratop Dinosaurus Bertanduk 15

PARA ilmuwan menemukan fosil Dinosaurus di gurun Utah bagian selatan. Yang mengejutkan, ditemukan dua spesies Dinosaurus baru yang berkerabat dekat dengan Triceratop.
"Tidak setiap hari Anda menemukan dua dinosaurus yang berbeda dari semua dinosaurus lain di Amerika Utara," kata Mark Loewen, paleontolog Museum Sejarah Alam Utah dalam jurnal ilmiah online PLoS ONE, Rabu (22/9).
Dinosaurus ini diperkirakan hidup 76 juta tahun silam. Satu diantaranya memiliki 15 tanduk di kepalanya yang besar. Binatang pemakan tumbuh-tumbuhan itu disebut dengan Kosmoceratop, diketahui sebagai dinosaurus yang paling banyak memiliki hiasan di kepalanya.
Dinosaurus lainnya, Utahceratop, hanya memiliki lima tanduk, tapi kepalanya lebih besar dari Kosmoceratop.
"Anda akan berpikir bahwa kita tahu segala sesuatu yang perlu diketahui tentang dinosaurus barat Amerika Utara, tetapi setiap tahun kami menemukan hal-hal baru, terutama di Utah," katanya.
Utahceratop memiliki tanduk besar di atas hidung dan tanduk pendek di mata, mirip dengan sebuah bison. Panjang tengkorak sekitar 7 kaki dengan tinggi sekitar 6 meter dan panjang tubuh 18 sampai 22 meter. Berat badannya diproyeksi 3 sampai 4 ton.
Adapun Kosmoceratop memiliki fitur wajah hampir sama dengan Utahceratop. Namun memiliki 10 tanduk yang mengitari bagian belakang kepalanya. Beratnya sekitar 2,5 ton dengan panjang tubuh 15 meter.
Para ilmuwan mengatakan, tanduk yang banyak di kepala dino itu digunakan untuk menarik pasangan dan mengintimidasi pesaing seksualnya, mirip dengan tanduk rusa.
"Tanduk itu mungkin berkembang saat pubersitas, kemungkinan besar ini adalah sinyal untuk pengenalan pasangan, persaingan antara laki-laki, hal-hal seperti itu," kata Loewen.
Suber : http://www.mediaindonesia.com.
.

5 komentar:

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
ehm jadi teringat waktu kunjujnng di shenzen mengulas seluk beluk dinosauraus mas..penyampian mas lebih fleksible saya suju dan menyukai good luck yach

Dea Punya | Blogger Ciamis mengatakan...

Waah blog nya penuh ilmu pengetahuan...
ditunggu deh update postingannya....
Salam dari blogger ciamis

Onjou mengatakan...

KERENN2 MAS, SAYA BRUU TAHU NIHH

blog_santai mengatakan...

waw..
Kalo berantem ama Tyrex menang mana ya?
xixixixi

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

apa nih..?
rusa gaya baru..?

*hehehe

Posting Komentar

Komentar kalian adalah semangat bagiku
Terima kasih banyak buat kunjungannya ....!
^_^