Jupiter di Posisi Terdekat Bumi Selama Hampir 50 tahun

Akan menjadi hari-hari terbaik untuk melihat Jupiter minggu depan di langit malam. Planet itu tidak akan tampak lebih besar atau lebih terang lagi sampai 2022.

Jupiter akan melewati jarak 368.000.000 mil dari Bumi Senin malam, jarak terdekat sejak 1963. Anda dapat melihatnya di timur sekitar senja. Sekitar tengah malam,  dia akan langsung di atas kepala. Itu karena Bumi akan melewati antara Jupiter dan matahari.

Planet terbesar di tata surya itu sudah muncul sebagai bintang yang sangat terang - tiga kali lebih terang dari bintang paling terang di langit, Sirius. Satu-satunya benda yang lebih terang  di langit malam saat ini adalah bulan kita.

Teropong dan teleskop secara dramatis akan meningkatkan tampilannya saat Jupiter, bersama dengan bulan-bulannya, terbit di timur saat matahari terbenam.

"Jupiter begitu cerah saat ini, Anda tidak perlu peta langit untuk menemukannya," kata Tony Phillips, seorang astronom California yang dikontrak NASA. "Anda hanya perlu berjalan ke luar dan melihatnya. Itu sangat menarik."

Phillips tidak pernah melihat Jupiter begitu cerah. "Untuk seorang pengamat berpengalaman, perbedaannya adalah penting," katanya Jumat.

Kebetulan, Uranus juga akan mendekati bumi di malam yang sama. Dia akan muncul dekat dengan Jupiter namun sulit untuk melihat dengan mata telanjang. Melalui teleskop, ia akan bersinar seperti disk berwarna zamrud kurang dari satu derajat dari Jupiter.

Jupiter relatif dekat ke bumi sekitar setiap 12 tahun. Pada tahun 1999, dia sedikit lebih jauh. Hal yang langka saat ini adalah Uranus membuat penampilan terdekat pada saat yang sama, kata Phillips. Dia menyebutnya "peristiwa sekali dalam seumur hidup." Saat dilihat tepat di samping Jupiter melalui teleskop, Uranus akan berada 1,7 miliar kilometer dari Bumi pada Senin malam.

Phillips mendorong penikmat untuk tidak menyerah jika mendung Senin malam. Jupiter akan tetap relatif dekat selama berminggu-minggu, katanya, yang memberi kesempatan untuk melihat dengan baik untuk beberapa waktu. Dan bagi mereka yang bangun pagi, Jupiter akan terlihat di barat sebelum matahari terbit.
.

1 komentar:

lina@home sweet home mengatakan...

Info yang menarik. Jadi tertarik untuk mencoba lihat Jupiter nih...

Posting Komentar

Komentar kalian adalah semangat bagiku
Terima kasih banyak buat kunjungannya ....!
^_^