2018 NASA ingin Gapai Matahari Sebagai Impiannya

NASA sedang merealisasikan rencana untuk meluncurkan misi mengunjungi dan mempelajari Matahari lebih dekat daripada sebelumnya. Proyek yang belum pernah dilakukan sebelumnya itu dinamakan Solar Probe Plus.

Dijadwalkan, peluncuran proyek spektakuler itu tidak lebih dari 2018. Ini diumumkan Jet Propulsion Laboratory (JPL) yang berkantor pusat di Pasadena, Los Angeles, pada Kamis (2/9).

Pesawat angkasa kecil seukuran mobil akan terjun langsung ke atmosfer Matahari sekitar 6,4 juta kilometer dari permukaan bintang kita itu. Pesawat ini akan menjelajahi daerah Matahari yang belum pernah dilalui pesawat lainnya.

Sebagai wahana yang akan mendekati Matahari, ia harus mampu menahan panas lebih dari sekitar 1.400 derajat Celsius (2.550 derajat Fahrenheit) dan ledakan radiasi yang intens. Dengan pemandangan yang dekat dengan Matahari, memungkinkan ilmuwan untuk lebih memahami karakterisasi dan perkiraan lingkungan radiasinya untuk penjelajah masa depan.

"Eksperimen terpilih untuk Solar Probe Plus secara khusus dirancang untuk memecahkan dua pertanyaan kunci fisika Matahari. Mengapa atmosfer luar matahari begitu jauh lebih panas dari permukaan yang terlihat? Apa yang mendorong angin Matahari mempengaruhi Bumi dan tata surya kita?" kata Dick Fisher, Direktur Divisi Heliofisik NASA di Washington.

"Soalnya, kami telah berjuang dengan pertanyaan-pertanyaan itu selama puluhan tahun. Misi ini akhirnya harus memberikan jawaban itu," tegasnya.

NASA sejatinya telah menyeleksi lima penyelidikan sains yang akan membuka misteri matahari terbesar, termasuk satu proyek ini yang dipimpin oleh seorang ilmuwan dari JPL NASA. Pada 2009, NASA mengundang para peneliti untuk mengajukan proposal sains.

Tiga belas proposal yang masuk dibahas oleh panel NASA dan ilmuwan dari luar NASA. Total dana untuk lima investigasi terpilih itu sekitar US$180 juta untuk analisis awal, desain, pengembangan, dan pengujian.
.

4 komentar:

Indah mengatakan...

Selem gambarnya

2012 mengatakan...

subhanallah...
gk kebayang bener klo ane masuk ke perut matahari...

Yudi mengatakan...

semoga saja terealisasi agar misteri alam semeta ini semakin terungkap terutama mengenai matahari sebagai pusat tata surya kita ini......
:))

Anonim mengatakan...

Ada allah dalam tuh

Posting Komentar

Komentar kalian adalah semangat bagiku
Terima kasih banyak buat kunjungannya ....!
^_^