Di Temukan Gunung Api Raksasa Di Bawah Laut Sulawesi


Ekspedisi bersama ilmuwan Indonesia dan Amerika Serikat di Sulawesi Utara menemukan hasil mengejutkan pada minggu pertama. Para ilmuwan itu menemukan gunung berapi bawah laut raksasa di sekitar perairan Sulawesi Utara.

"Ini adalah sebuah gunung berapi yang besar dan lebih tinggi dari semua gunung di Indonesia kecuali tiga atau empat gunung lainnya," kata Ketua Ilmuwan AS Jim Holden.

Tinggi gunung di dasar laut itu mencapai 10.000 kaki atau kurang lebih 3.000 meter. Posisinya terletak di kedalaman 18.000 kaki di perairan Kepulauan Kawio, Sulawesi Utara.

Sebagai perbandingan gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Cartenz mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Sementara gunung tertinggi di Jawa, Gunung Semeru tingginya 3.676 meter.

Penemuan gunung ini merupakan bagian dari ekspedisi dari Kapal Okeanos milik National Oceanic and Atmospheric Administration. Ekspedisi ini telah memetakan 2.400 mil persegi dasar laut di Indonesia atau seluas Delaware. Ekspedisi ini akan selesai pada 24 Agustus mendatang.
   

2 komentar:

readhermind-dy mengatakan...

gunung berapinya aktif?

about adsense mengatakan...

kalo meledak sekarang, kita bakal tamat neh,,,

Posting Komentar

Komentar kalian adalah semangat bagiku
Terima kasih banyak buat kunjungannya ....!
^_^