Galaksi Baru Produksi Bintang 100 Kali Lebih Cepat

Para astronom telah menemukan sebuah galaksi baru yang tumbuh dengan kecepatan yang luar biasa. Bahkan kecepatan pertumbuhannya membuat galaksi tersebut mampu menciptakan bintang-bintang baru 100 kali lebih cepat dibanding yang galaksi Bima Sakti lakukan.

Galaksi tersebut berada di posisi yang sangat jauh dari bumi. Cahayanya telah menghabiskan waktu ribuan tahun untuk mencapai bumi.

Dengan demikian, para astronom meyakini galaksi yang dinamai SMM J2135-0102 tersebut telah tercipta 10 miliar tahun lalu atau tiga miliar tahun setelah terjadi Big Bang. Letak bintang-bintang bentukan galaksi tersebut juga tidak tertata secara teratur, meskipun secara umum berkelompok di empat zona berbeda.

Namun, mengenai tingkat keterangannya, bintang-bintang tersebut 100 kali lebih terang dibanding bintang-bintang di galaksi Bima Sakti. "Kami tidak sepenuhnya memahami mengapa bintang-bintang baru tercipta dengan sangat cepat. Tapi hasil kami bintang terbentuk lebih efisien dibanding yang sekarang," ujar salah seorang astronom asal Institute for Durham University, Mark Swinbank.

Para astronom mengamati SMM J2135-0102 dengan menggunakan teleskop Pathfinder Atacama Experiment (APEX) yang dioperasikan di Cile oleh European Southern Observatory. Mereka berharap dapat membandingkan galaksi baru tersebut dengan galaksi lain terdekat untuk mengetahui lebih lanjut pembentukan bintang muda yang berbeda dalam alam semesta ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian adalah semangat bagiku
Terima kasih banyak buat kunjungannya ....!
^_^